Telah Tersedia Space Iklan Text Marque ! Segera Pasang Iklan Anda ! SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
Buruan Mumpung masih tersedia slotnya !!
Rangkuman Cara Penggunaan Google Analytics Terlengkap dan update ~ Sejuknya Embun

Jumat, 13 Juli 2012

Rangkuman Cara Penggunaan Google Analytics Terlengkap dan update

 
Selamat Pagi sobat Embun Tafakkur! post kali ini admin mau share tentang cara penggunaan Google analytic.  Siapah sih yang tidak tahu Google? Raksasa Search Engine dunia ini pasti sudah banyak yang mengenalnya. Mengapa tidak! Hampir setiap hari orang-orang dari berbagai belahan penjuru dunia beribu-ribu memasukan kata kunci atau keyword ke search engine ini untuk mencari
sesuatu. Tak dapat dipungkiri lagi jika Google saat ini merajai Search Engine dunia, di bawah Yahoo, Bing, dan lain-lain.

Dengan menggunakan keyword yang tepat, blog kita pastinya akan bisa bersaing dengan para webmaster di luar sana. Tapi cukupkah hanya dengan penggunaan keyword yang tepat?

Tentu saja tidak, ada banyak teknik seo lainnya untuk mendongkrak posisi sebuah situs di search engine. Tapi saya tidak akan membahas itu karena untuk sekarang saya hanya akan membahas mengenai analisa traffic blog.

Untuk menganalisa traffic blog, kita membutuhkan situs khusus analisa traffic blog yang saat ini banyak terdapat di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk itu, saya coba memberikan satu situs yang saya yakin paling lengkap dalam menganalisa traffic blog, yaitu Google Analytics.

Di sini kita bukan hanya bisa melihat jumlah pengunjung blog kita, tapi kita dapat melihat halaman blog yang paling banyak dikunjungi, asal negara pengunjung, browser yang digunakan oleh pengunjung blog kita, koneksi internet yang digunakan oleh pengunjung blog kita, kunjungan berasal dari mana (search engine atau dari blog lain), dan lain-lain.


Jika sobat berminat menggunakan jasa google analytics untuk menganalisa traffic blog sobat, silahkan kunjungi situs Google Analytics.

    Registrasi dulu dengan menggunakan Google Account.
    Setelah itu masukkan url blog sobat dan negara asal, kemudian klik Continue.



    Kemudian masukkan nama sobat, kemudian klik Continue.



    Contreng radio button “Yes, I agree to the above terms and conditions” lalu klik tombol Create New Account.
    Setelah itu sobat akan mendapatkan kode script seperti contoh di bawah ini.



    Copy kode tersebut dan letakkan sebelum tag pada template sobat.
    Jika belum tau cara meletakannya, silahkan login ke blogger dengan ID sobat.
    Klik tab Edit HTML.
    Kemudian cari tag dan letakkan kode script yang sobat dapat dari google analytics sebelum tag
    Jangan lupa Simpan Template.
    Setelah selesai mengcopy paste script tersebut di blog sobat, klik Save and Finish pada halaman bawah google analytics.


Tunggulah beberapa hari untuk mengevaluasi traffic blog sobat, karena google analytics tidak akan bisa membaca traffic blog sobat dalam sekejab, nah wong kode script-nya aja baru dipasang barusan, jika pada halaman google analytics tersebut muncul statistik traffic blog sobat, wah selamat ya berarti blog sobat berasal dari alam lain.

Untuk menggunakan google analytics, silahkan sobat lihat pada dashboard terdapat beberapa tools, mulai dari visitors overview, map overlay, traffic source overview, dan content overview.


Klik saja satu persatu tombol view report yang ada dibawah masing-masing tools, sobat akan mendapatkan detail dari traffic blog sobat.

0 komentar:

Posting Komentar

Please comment seperlunya, dan mohon untuk tidak disalahgunakan. Trima kasih!

free counters