Telah Tersedia Space Iklan Text Marque ! Segera Pasang Iklan Anda ! SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
Buruan Mumpung masih tersedia slotnya !!
PPG dan PLPG ajang peningkatan kredibilitas dan profesionalitas guru Se-Indonesia ~ Sejuknya Embun

Rabu, 04 Juli 2012

PPG dan PLPG ajang peningkatan kredibilitas dan profesionalitas guru Se-Indonesia

 
Sobat M-TaQ, Selamat Malam. Gimana kabrnya ? baik bukan ?.  nih dia PPG dan PLPG ajang peningkatan kredibilitas dan profesionalitas guru Se-Indonesia. sebenarnya. Pengertian
PLPG
PLPG adalah sertifikasi guru dengan cara pendidikan dan pelatihan profesi guru. Di mana PLPG ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru. Peserta sertifikasi guru yang belum mencapai batas minimal skor kelulusan pada penilaian portofolio, serta dapat menentukan kelulusan peserta sertifikasi guru melalui uji tulis dan uji kinerja di akhir PLPG.

Tujuan PLPG
Adapun yang menjadi tujuan PLPG adalah:

    Untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru peserta sertifikasi yang belum mencapai batas minimal skor kelulusan pada penilaian portafolio,
    Untuk menentukan kelulusan peserta sertifikasi guru melalui uji tulis dan uji kinerja di akhir PLPG


Adapun pengaruh positif PLPG bagi peserta antara lain :

    Menambah teman dan ajang silaturahmi peserta. .
    Dapat membuat perangkat pembelajaran yang baik dan benar
    Dapat menerapakan model-model pembelajaran yang inovatif
    Memperdalam ilmu dan wawasan mata pelajaran
    Menambah motivasi dalam mengajar di kelas
    Semakin dapat mengelola kelas dengan baik
    Semakin menghargai peserta didik dengan keberagamannya
    Penguasaan ICT meningkat
    Performen /penampilan di depan kelas semakin baik
    Semakin menyadari kelemahan dan kekurangan sebagai seorang guru yang baik.


Peserta PLPG
Peserta PLPG adalah guru yang bertugas sebagai guru kelas, guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling atau konselor, serta guru yang diangkat dalam jabatan pengawasan status pendidikan yang belum memenuhi persyaratan kelulusan pada penilaian portafolio dan direkomendasikan untuk mengikuti PLPG oleh rayon LPTK penyelenggara sertifikasi bagi guru dalam jabatan.
Peserta PLPG yang tidak memenuhi panggilan karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan  dapat untuk mengikuti PLPG pada panggilan berikutnya pada tahun berjalan selama PLPG masih dilaksanakan. Peserta yang tidak memenuhi 2 kali panggilan dan tidak memiliki alasan yang tidak dapat dipertanggung jawabkan dianggap mengundurkan diri.

Materi PLPG
Pada dasarnya semua materi yang diberikan sangat bermanfaat bagi peserta, namun ada satu materi yang berbeda dan merupakan tekhnik yang baru pada pelaksanaan pembelajaran di kelas yaitu Model pembelajaran PAKEM, dan Pemanfaatan Media Belajar, serta Pembuatan RPP yang baik dan benar. Model-model Pembelajaran PAKEM adalah model pendekatan pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan, Kemampuan menerapkan pendekatan PAKEM diperlukan penguasaan model-model pembelajaran yang memadai. Ada banyak model atau strategi yang dikembangkan oleh para ahli dalam usaha untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa, diantaranya pembelajaran Kontekstual, Model Pembelajaran Kooperatif, Model Pembelajaran Quantum, Model Pembelajaran Terpadu, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL).
Materi dalam PLPG yang dipelajari antara lain Pengertian Media Pembelajaran, berbagai macam bentuk media pembelajaran seperti; media Visual, Media Audio, Media Audio Visual, Multimedia, pengembangan media sederhana, cara pemilihan media dan penggunaaan media dalam pembelajaran.

1 komentar:

Please comment seperlunya, dan mohon untuk tidak disalahgunakan. Trima kasih!