Telah Tersedia Space Iklan Text Marque ! Segera Pasang Iklan Anda ! SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
Buruan Mumpung masih tersedia slotnya !!
Upacara Penutupan dan Hasil POSPEDA ke V Jombang, Jawa Timur ~ Sejuknya Embun

Rabu, 26 September 2012

Upacara Penutupan dan Hasil POSPEDA ke V Jombang, Jawa Timur

 
Upacara Penutupan dan Hasil POSPEDA ke V Jombang, Jawa Timur - Nih SOb Infonya, Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Daerah ke-V Jatim tahun ini dituan rumahi oleh Kabupaten Jombang
dan resmi dibuka kemarin (22/9). Upacara pembukaan yang dimulai pukul 14.00 WIB ini bertempat di Stadion Merdeka Jombang. Polres Jombang dan Pol PP menjaga ketat kegiatan yang berlangsung lebih kurang 3 jam ini. Dipimpin oleh perwira upacara, Kapt. Suadmadi dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Bpk. Drs. H. Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai pembina upacara. Dan dihadiri oleh beberapa pejabat penting di ataranya dari Disporabudpar, perwakilan dari DPRD dan Pengurus KONI Kab. Jombang, serta seluruh kontingen peserta se-Jawa Timur yang siap berlomba selama satu minggu kedepan.

Bersama Pasukan 45 Pembawa Bendera Merah Putih, diikuti 38 kontingen memasuki lapangan upacara, melewati tribun undangan VIP dan IRUP, mengucapkan salam kepada para undangan, bahkan salah satu dari mereka ada yang memberikan makanan khas daerahnya sebagai oleh-oleh. Para kontingen yang hadir meliputi Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur. Di antaranya, Kab. Surabaya, Kab. Jombang, Kab. Magetan, Kota Probolinggo, Kota Malang, dan beberapa Kota dan Kab. se-Jawa Timur. Perlombaan olahraga dan seni yang diadakan juga beragam, meliputi lebih dari 20 macam lomba seperti pertandingan voli, basket, baca puisi, cipta puisi, kaligrafi, qasidah rebana, dan lain sebagainya.

Pelepasan balon dengan penembakan panah dan pemencetan tombol sirine meresmikan bahwa POSPEDA V JATIM 2012 telah dibuka. Disertai dengan pembacaan teks Janji Atlet dan Janji Wasit.

Diadakannya Pekan Olahraga dan Seni yang berlangsung dua tahun sekali ini awalnya disebut Pekan Olahraga dan Seni Pesantren Nasional (Pospenas). Dan setelah itu dikembangkan lagi menjadi POSPEDA. POSPEDA sendiri pertama kali dimulai pada tahun 2003 di Lamongan. Dilanjutkan yang kedua, yaitu pada tahun 2005 di Kab. Malang, ketiga pada tahun 2007 di Gresik, kemudian yang ke empat pada tahun 2009 di Blitar, dan yang ke lima pada tahun 2012 di Jombang ini. Setelah POSPEDA yang keempat di kota Blitar, mulai dilaksanakan setiap tiga tahun sekali hingga POSPEDA kali ini yang bekerjasama dengan DISPORA dan KANWIL.

Pekan Olahraga dan Seni yang berakhir pada upacara penutupan pada tanggal 27 September 2012 mendatang, bertujuan agar potensi para santri di bidang olahraga dan seni tetap terwadahi meskipun di lingkup kepesantrenan. Dalam amanat Inspektur Upacara, Wakil Gubernur Jatim yang biasa disebut Gus Ipul mengajak peserta upacara untuk bersolawat dan berpantun. “Mugo sukses acara iki, ndadekno seneng atine santri,” ujarnya dalam pantun bahasa Jawa.

Di akhiri dengan penyerahan piala bergilir dari Wali Kota Blitar, sebagai pemenang juara umum pekan lalu kepada Wakil Gubernur Jawa Timur diserahkan kepada Bupati Jombang, Bapak Drs. H. Suyanto, untuk diperebutkan kembali. Serta acara tambahan seperti unjuk gelar pencak silat oleh 500 orang dari IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Jombang dan persembahan lagu Mars Olahraga dinyanyikan oleh 300 orang dari kelompok Kur Paduan Suara Pondok Pesantren Tambakberas Jombang.

0 komentar:

Poskan Komentar

Please comment seperlunya, dan mohon untuk tidak disalahgunakan. Trima kasih!