Telah Tersedia Space Iklan Text Marque ! Segera Pasang Iklan Anda ! SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
Buruan Mumpung masih tersedia slotnya !!
Melihat banyaknya Warisan Jokowi Gubernur Dkiterpilih ~ Sejuknya Embun

Minggu, 23 September 2012

Melihat banyaknya Warisan Jokowi Gubernur Dkiterpilih


Melihat banyaknya Warisan Jokowi Gubernur Dkiterpilih - 7 Tahun sudah Jokowi memimpin kota Solo. Berpasangan dengan Wakilnya FX Hadi Rudyatmo, Jokowi seolah tak mengenal lelah memajukan kota yang berpenduduk setengah juta jiwa ini.


Mengawali karier politiknya dengan menjadi wali kota Solo tahun 2005, sejak itu sosok Jokowi, yang sebelumnya adalah seorang pengusaha, melesat dengan berbagai prestasi. Keberhasilan Jokowi membangun Kota Solo membuatnya dianugerahi banyak penghargaan dari lembaga pemerintah atau swasta Indonesia dan luar negeri. Bahkan belum lama ini Jokowi juga dinobatkan sebagai wali kota terbaik di dunia, wali kota terbaik versi Mayor Foundation.

Keberhasilan Jokowi membangun Solo bukan saja pada aspek fisik, tetapi lebih dari itu Jokowi juga mampu membangun aspek mental sumber daya birokrasinya. Satu filosofi prinsip yang menjadi pijakan Jokowi dalam membangun, mengelola dan memimpin kota Solo adalah “MELAYANI”.

Dari aspek fisik, pembangunan Kota Solo sudah bisa disejajarkan dengan kota-kota besar lainnya, bahkan mengalahkan 2 kota tetangga, Yogyakarta dan Semarang yang notabene adalah ibu kota provinsi. Tumbuh pesatnya pembangunan gedung – gedung pencakar langit seperti Solo Paragon, Solo Center Point serta bangunan lainya sebagai bukti bahwa Solo di bawah kepemimpinan Jokowi mengalami kemajuan yang signifikan.

Di sektor transportasi, Jokowi berhasil membangun moda transportasi masal baru, seperti railbus, kereta api Jaladara, Batik Solo Trans (BST), serta Bus Tingkat Werkudara. Jokowi juga berhasil memperbaiki rel yang berada di tengah kota untuk dilalui kereta api, serta membangun kembali Terminal Tirtonadi menjadi green terminal terbesar di Jawa Tengah.

Di bidang pendidikan dan kesehatan, Jokowi berhasil menerbitkan kartu sehat atau Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta (PKMS), yang bisa digunakan untuk berobat gratis bagi warga tidak mampu. Sementara bagi masyarakat tak mampu yang ingin menyekolahkan anaknya secara gratis, Jokowi juga telah menyiapkan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Surakarta (BPKMS).

Sementara di sektor pariwisata, salah satu ide cemerlang Jokowi adalah membangun City Walk seperti kawasan Orchard di Singapura, yang diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan di Solo. Prestasi lain di sektor ini adalah revitalisasi kawasan Ngarsopuro, yang dulunya bernama Triwindu. Kawasan ini merupakan pasar barang antik bersejarah yang letaknya sangat strategis, tepat di depan Keraton Mangkunegaran menghadap Laut Selatan. Langkah ini dinilai berhasil, karena kawasan Ngasopura menjadi tempat favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Revitalisasi juga dilakukan di kawasan Balekambang, yang dulu terkesan kumuh, sekarang menjadi tempat yang banyak dikunjungi.

Tak hanya itu kota Solo yang dulu sepi pertunjukan, dan hanya ada wayang orang Sriwedari atau ketoprak Balekambang, sekarang banyak sekali event – event budaya bertaraf nasional, maupun internasional. Sebut saja Solo Batik Carnival, Solo International Ethnic Music (SIEM) Festival, Solo International Art Performance (SIPA), Indonesia Channel, dan lain-lain. SBC merupakan karnaval peragaan batik yang dilangsungkan setiap tahun. SIEM adalah event musik etnik internasional dan SIPA adalah event pagelaran tari tahunan. Sementara Indonesian Channel merupakan pagelaran kebudayaan Indonesia oleh siswa-siswa mancanegara yang mempelajari kebudayaan Indonesia di Solo.

Di sektor ekonomi, Jokowi yang dikenal sebagai sosok pro ekonomi kerakyatan, telah berhasil melakukan revitalisasi pasar-pasar tradisional. Pasar-pasar tersebut direvitalisasi agar menjadi lebih nyaman, sehingga pembeli mau datang untuk berbelanja. Beberapa pasar yang telah diubah fisik bangunannya agar lebih indah dan memenuhi kenyamanan pedagang dan pembeli adalah Pasar Kleco, Pasar Kembang, Pasar Kadipolo, Pasar Stasiun Balapan, dan lain-lain.

Prestasi Jokowi yang paling fenomenal adalah pemindahan ribuan PKL dari kawasan Monumen 45 ke Pasar Klithikan Notohardjo di Semanggi, Solo tanpa sedikitpun tindak kekerasan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Please comment seperlunya, dan mohon untuk tidak disalahgunakan. Trima kasih!