Telah Tersedia Space Iklan Text Marque ! Segera Pasang Iklan Anda ! SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
SPACE PASANG IKLAN
Buruan Mumpung masih tersedia slotnya !!
cara mudah mengganti / merubah template blogger ~ Sejuknya Embun

Kamis, 23 Agustus 2012

cara mudah mengganti / merubah template blogger

 
Cara mengganti template blog – Apa sih sebenarnya template blog itu? Template blog atau website adalah desain-desain halaman blog ataupun website beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web. Seperti yang anda lihat saat ini di blog kang rohman, bahwa terlihat tatanan gambar serta tulisan di layar monitor anda, itulah yang dinamakan template.

Di blogger atau blogspot, anda dapat dapat mengganti template blog anda secara leluasa sesuai dengan selera dan keinginan masing-masing. Jika anda telah mahir membuat template sendiri, anda dapat menggunakan template tersebut untuk blog anda. Namun, jika anda masih awam dalam membuat template, pihak blogger atau blogspot sendiri telah menyediakan beberapa template yang bisa anda pilih sesuai dengan keinginan.

Selain itu, anda dapat pula mengunduh atau mendownload template blogger gratis dari penyedia template blogger, salah satu contoh website yang menyediakan template blogger tersebut adalah beralamat di http://www.blogspottutorial.com, disana terdapat ratusan template blogger yang bisa anda gunakan secara gratis. Namun, jika anda menggunakan template gratis, syarat yang harus ditaati adalah tidak boleh menghapus atau menghilangkan credit link dari pembuat template tersebut. Dengan tidak membuang link credit pembuat template, itu adalah sebagai apresiasi atas kerja keras mereka dalam menyediakan template secara gratis.

Cara mengganti template blog

Langsung ke topik utama, cara mengganti template di blogspot atau blogger ada dua cara, yaitu mengganti template dengan yang disediakan blogger, atau mengganti template dengan template yang didapat dari penyedia template. Berikut ulasannya :

Ganti Template dengan yang disediakan blogger

Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template yang telah disediakan blogger:
  1. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  2. Klik pada nama blog anda.
  3. Klik menu template.
    menu template
  4. Klik tombol Ubahsesuaikan
  5. Klik pada pilihan template yang tersedia. Selain itu, anda dapat pula memilih background atau gambar latar belakang dari template tersebut. Jika sudah cocok dengan salah satu template,  klik Terapkan ke Blog.
    ganti template
  6. Selesai.

Ganti Template dengan template dari penyedia template

Berikut cara-cara untuk mengganti template dengan template dari penyedia template :
  1. Download terlebih dahulu template yang anda sukai pada website penyedia template blog gratis. Salah satu contoh anda bisa download di http://www.blogspottutorial.com.
  2. File template yang di download, biasanya masih dalam bentuk terkompresi (zip atau rar), oleh karenanya anda perlu mengekstrak atau menguraikan file tersebut dengan software ekstraktor seperti WinZip atau WinRar, Namun jika anda tidak memiliki software tersebut, anda bisa mengekstraknya secara online di http://wobzip.org.
    ekstrak template
  3. Yang nanti di upload atau di unggah ke blogger hanyalah file yang berekstensi .xml.
  4. Silahkan login ke blogger dengan ID anda.
  5. Klik pada nama blog anda.
  6. Klik menu Template.
    menu template
  7. Klik tombol Cadangkan/Pulihkan yang ada dibagian atas kanan monitor.
    cadangkan template
  8. Disarankan untuk membuat backup terlebih dahulu, klik pada tombol Unduh Template Lengkap.
  9. Klik tombol Choose File,  pilih file template yang tadi didownload dan telah diekstrak ( file ekstensi .xml saja ). Kemudian klik tombol Unggah.
    ganti template blog
  10. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai
  11. Selesai.

Kini tampilan blog anda  lebih terasa fresh dibanding sebelumnya

Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar

Please comment seperlunya, dan mohon untuk tidak disalahgunakan. Trima kasih!

free counters